Minggu, 03 April 2016

Perbandingan Sistem Operasi Windows , Linux dan Mac Os


Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
    1.  Sistem Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7(Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).
    2.  Sistem Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution),GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
    3.  Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Dilihat dari kepopuleran.
·                     Windows memiliki tingkat populer pertama.
·                     Mac OS adalah yang kedua.
·                     Linux adalah yang ketiga.
Dilihat dari harga.
Windows adalah salah satu sistem operasi yang berbayar. Sedangkan Linux danMac OS adalah sistem operasi bisa didapat dengan gratis.
Dilihat dari User Interface.
·                     Windows tidak memiliki banyak user interface.
·                     Linux memiliki banyak user interface.
·                     Mac OS tidak memiliki banyak user interface. Akan tetapi, meskipun MacOS tidak mempunyai banyak user interface tapi Mac OS sudah enak untuk dipakai dan dipandang.
Dilihat dari kualitas gambar.
Kualitas gambar Mac OS adalah kualitas gambar yang paling bagus             diantaraWindows dan Linux.
Kelengkapan Program.
·                     Pertama kali memakai Windows, maka harus mengisi program aplikasi yang                       lain.
·                     Didalam Linux sudah terdapat banyak program yang siap untuk dipakai.
·                     Didalam Mac OS sudah terdapat program yang siap dipakai, tapi tidak terlalu                    banyak.
Dilihat dari keamanan virus.
Linux memiliki tingkat keamanan dari virus yang paling kuat. Bahkan banyak orang yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi pembuat virus. Dan Mac OS pun susah untuk terkena virus. Sedangkan Windows rentan sekali terkena virus.
Dilihat dari kenyamanan pemakai.
Windows adalah sistem operasi yang sangat disukai oleh para user/brainware karena lebih mudah untuk dipakai dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya.
Sumber:  https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar