Minggu, 21 Oktober 2012

PEMUDA DAN SOSIALISASI


PENGERTIAN PEMUDA
Rasa-rasanya kata pemuda sudah tidak asing terdengar ditelinga kita tetapi taukah apa itu pemuda ? Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu merupakan beban moral yang ditanggung bagi pemuda untuk memenuhi tanggung jawab yang diberikan generasi tua. Selain memikul beban tersebut pemuda juga dihadapkan persoalan-persoalan diantaranya kenakalan remaja, ketidak patuhan pada orang tua/guru, kecanduan narkotika, frustasi, masa depan suram, keterbatasan lapangan kerja dan masalah lainnya. Seringkali pemuda dibenturkan dengan “nilai” yang telah ada jika mereka berkelakuan di luar nilai
tersebut. Sedangkan pengertian pemuda menurut para ahli adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Keragaman tersebut pada dasarnya tidak mengakibatkan perbedaan dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda. Sedangkan secara agama adalah manusia yang sudah memasuki fase aqil baligh yang ditandai dengan mimpi basah bagi pria biasanya pada usia 11 – 15 tahun dan keluarnya darah haid bagi wanita biasanya saat usia 9 – 13 tahun.
Masalah Potensi Generasi Muda
  • Menurunnya jiwa idealisme,patriotisme dan nasionalisme
  • Kurang pastinya masa depan yang akan dihadapi
  • Belum seimbangnya generasi muda dgn jumlah fasilitas pendidikan
  • Kurangnya lapangan pekerjaan
  • Kurangnya gizi
  • Banyak perkawinan dibawah umur
  • Pergaulan bebas
  • Meningkatnya kenakalan remaja
  • Belum adanya peraturan tentang generasi muda
PENGERTIAN SOSIALISAI
Kegiatan hidup yang di alami atau yang di jalani oleh pemuda dengan keluarga,sekolah maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat.Demikian itulah yang kita sebut dengan sosialisai, sosialisasi sudah kita alami sejak kita dilahirkan kedunia ini dan terus akan berproses hingga mencapai titik kulminasi.
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri,bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi,baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.Ada beberapa hal yang perlu kiya ketahui dalam sosialisasi,antara lain: Proses Sosialisasi, Media Sosialisasi
Media Sosialisasi
1. Orang tua dan keluarga
2. Sekolah
3. Masyarakat
4. Teman bermain
5. Media Massa.
Tujuan Sosialisasi
·  Agar individu tersebut dapat diberi ilmu pengetahuan
·  Agar individu tersebut dapat berkomunikasi secara efektif dalam mengembangkan dirinya sendiri
·  Mengendalikan fungsi-fungsi organic
Didalam diri setiap pemuda pasti memliki jati diri atau identitas tetapi kebanyakan pemuda masih mencari jati drinya tersebut. mengenali identitas dirinya.Dalam tahap pencarian identitas inilah terkadang masih menemukan kendala. Apalagi dizaman yang serba bebas sekarang ini. Pergaulan merupakan faktor utama yang mempengaruhi terbentuknya jatidiri pemuda. Hal itu dapat dibuktikan dengan melihat media masa, tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa cukup banyak tindak kriminal yang yang diberitakan oleh media masa itu, pelakunya adalah para pemuda. Mulai dari tawuran antar pelajar, perkelahian antar geng, narokoba, dan tindakan asusila lain.Dari contoh tersebut bisa kita lihat bahwa moral pemuda zaman sekarang mulai menurun,untuk meningkatkan atau memperbaikan hal tersebut ini lah tugas yang harus dikerjakan oleh perguruan atau pendidikan.
Pendidikan adalah usaha sadar  dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki ilmu di bidang keinginannya masing-masing agar bermanfaat bagi agama, keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi disebut Mahasiswa sedangkan tenaga pendidikan perguruan tinggi disebut dosen. disinilah seseorang dapat mengembangkan lebih dalam lagi ilmu-ilmu yang telah didapat dari pendidikan sebelumnya (SD,SMP,SMA), yang akan berpeluang besar menggantikan generasi sebelumnya, dan dapat memajukan bangsa dan negaranya.
Nah sudah tau kan apa itu perguruan atau pendidikan dan apa saja pengaruh yang akan timbul bila seseorang tidak pernah mengenyam pendidikan.
Sumber:
http://ekojihadsaputra.blogspot.com/2010/03/pemuda-dan-sosialisasi.html
http://www.google.com/
http://liaambar.wordpress.com/2010/10/28/pemuda-dan-identitas/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar