Pengertian Animasi (Definition of
Animation)
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang
berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun
objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga
karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang
seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan
bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda,
warna dan spesial efek.
The animation itself is derived from the Latin " anima
" which means soul , life , spirit . While the character is a person ,
animal or other tangible objects set forth in the form of 2D and 3D images .
shingga character animation can be interpreted as an image containing the
object as if alive , is caused by a collection of images that change
irregularly and alternately displayed . Objects in the image can be text ,
shapes , colors and special effects.
Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang
dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan
secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video,
presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan
materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau
disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau
proses terjadinya tsunami.
Animation is one of the moving visual form that can be used
to explain a difficult subject matter delivered conventionally . With
integrated in to other media such as videos , presentations , or as a separate
animated teaching materials suitable to explain the learning materials are
difficult to directly presented in class or presented in book form . For
example, the workings of a car engine or the tsunami.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua
kategori, yaitu:
1. Computer Assisted
Animation.
Animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system
animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang
menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan
virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
Animation in this category usually refers to the two
-dimensional animation systems , namely computerize the traditional animation
process that uses hand picture . Computer used for dyeing , the application of
the virtual camera and the arrangement of the data used in an animation .
2. Computer Generated
Animation.
Pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi
dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
In this category usually used for three -dimensional
animation with 3D programs such as 3D Studio Max , Maya , Autocad etc."
Prinsip
Dasar Animasi (Basic Principles of Animation)
Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa
Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan
sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Animation is derived from the word " Animation "
which in English " to animate " which means moving . So the animation
can be interpreted as moving something ( picture or object ) are silent.
Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan
ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan
”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir
juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat
berurutan pada dinding. Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai
alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang
tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya
berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya
adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
The history of animation starts from ancient times , with
the discovery of the paintings on cave walls in Spain that depicts "
motion " of the animals . In 4000 years ago the Egyptians are also
attempting to bring an event to the pictures on the wall are made
sequentially . Since realizing that the image can be used as an alternative medium
of communication , the desire turn symbols into a mirror of cultural expression
. Proved by the discovery of artifacts on the civilization of Ancient Egypt
2000 BC. One is a few panels depicting two wrestlers action in various poses.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa
ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of
vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre
Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan
bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu
tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa
didefinisikan sebagai: Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu
tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
The animation itself would never have developed without the
discovery of the basic principles of the character of the human eye are:
persistance of vision ( visual pattern regularly) . Paul Roget , Joseph Plateau
and Pierre Desvigenes , through optical equipment that they created , managed
to prove that the human eye tends to capture a sequence of images in the time
limit specified as a pattern . In the development of animation in general can
be defined as : An image sequence is exposed at certain period of time so as to
create an illusion of moving images.
Jenis
Animasi (Type Of Animation)
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini
dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1. Animasi
Stop-motion (Stop Motion Animation)
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena
dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat)
sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi
yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang
lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini
memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Stop -motion animation is sometimes called claymation
because in its development , this type of animation often uses clay ( clay ) as
the object is moved .Tehnik stop-motion animation is generated animation of an
object image penggambilan (stuffed or otherwise) that is driven step by step .
In the process of this technique has a level of difficulty and requires
patience.
2. Animasi
Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum
dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah
yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi
juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada
celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang
sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan
digambar satu persatu di atas cel.
Traditional animation technique animation is most commonly
known to date . Named because of traditional animation techniques were used
during the animated first developed . Traditional cel animation is also often
referred to as technical animation process is done in a transparent celluloid
which at first glance very similar to the OHP transparencies that we often use
. In the manufacture of traditional animation , each stage of movement drawn
one by one on top of the cel.
3. Animasi Komputer
(Computer Graphics Animation)
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan
dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan
“pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di
kerjakan dengan komputer.
As the name implies , this whole animation is done by using
a computer . From character creation , set the move "players " and
cameras , voting , and effeknya special everything was done with a computer.
Sumber :
·
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar