Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi
geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika
bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau
3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar
teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan
manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti
sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan
gambar.
Geometric modeling is a branch of
applied mathematics and computational geometry that studies methods and
algorithms for mathematical description of the shape. Form of study in
geometric modeling is mostly 2D or 3D, because 2D is an important model in
computer typography and drawing techniques. Three-dimensional models are
central to computer aided design and manufacturing (CAD / CAM), and is widely
used in engineering fields such as civil and mechanical engineering,
architecture, geology and medical image processing.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk,
posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga
terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
Geometric models that can be
displayed on a computer such as a shape / form, position, orientation, color /
texture, and light. In goemetris models also there are degrees of difficulty to
make an object such as connecting some form angles at the free surface due to
the shape and angle must be carefully resized to fit the image look real.
Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
sumber :
- http://kartikawahyuni.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar