Senin, 07 April 2014

Web Science


Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web. Jadi pada intinya web science tentang memahami perkembangan web, dan mengkaji bagaimana masa depan web science. Web science berfokus ke berbagai macam disiplin seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum, computer science untuk memahami dan menjelasakan tentang Web.
Sebelum membahas lebih jauh,apasih arti dari web itu?
Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan sebuah informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.


Sejarah Web
Setelah kita mengetahui apa itu web,ada baiknya kita mengenal sejarah dari web itu sendiri. Web pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee ,tujuan awalnya sih bukan untuk membuat web tetapi ingin membuat sebuah sistem yang dapat memudahkan pekerjaan rekan – rekan penelitinya untuk mengakses informasi dengan  cepat,maka terciptalah web. Web pertama kali muncul pada tahun 1991 yang di publikasikan oleh perusahaan tempat Sir Timoty berkerja yaitu CERN. kemudian pada tahun 1993 CERN mempublikasikan lagi web yang dapat di akses oleh seluruh orang di dunia dengan cuma-cuma atau gratis.
Dibawah ini penampakan Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee.



Teknologi Terkini
Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi maka berbanding lurus juga dengan bermunculan penemuan – penemuan yang canggih. Penemuan – penemuan itu ada yang berdampak baik bagi kelangsungan hidup manusia atau juga malah dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia,berikut ini beberapa penemuan tercanggih:

      1.      Hadron Collider





Hadron Collider adalah sebuah penemuan atau ciptaan manusia yang diciptakan melalui lembaga ilmu pengetahuan Eropa yang bernama CERN. Hadron Collider adalah sebuah mesin akselerator partikel yang memiliki kekuatan atau energi terbesar dan tertinggi di seluruh dunia.Tempat Hadron Collider adalah di Jenewa Swiss membentang sepanjang 27 kilometer dan berada di kedalaman 175 meter benda ini diciptakan karena akan digunakan untuk memecahkan misteri alam semesta yang membuat para ilmuwan fisika penasara.Cara Kerja dari Mesin Hadron Collider adalah membuat proton – proton saling bertabrakan dalam kecepatan cahaya yang akan menciptakan partikel berenergi sangat kuat. Dan efek dari cara kerja Hadron Collider dikhawatirkan bisa membuat blackhole di bumi. 

      2.      Google Glass



Google Inc selain menemukan mobil otomatis juga menemukan google glass (kacamata pintar) pada penemuan terakhir mereka. kaca mata ini sangat banyak memiliki fungsi yang sulit dibayangkan manusia,diantaranya yaitu,dapat memotret ,mengambil video dan melacak map secara otomatis hanya dengan satu perintah suara.Google glass juga dapat digunakan untuk mengenali wajah manusia,karena kacamata ini tersambung langsung ke google yang mengetahui banyak hal.Catatan penting jika google glass digunakan oleh anak 14 tahun kebawah,google glass akan mengakibatkan kerusakan pada mata anak tersebut.
Dan masih banyak lagi penemuan tercanggih yang di temukan saat ini.

Dampak Teknologi

Perkembangan Teknologi Informasi sudah sedemikian pesatnya sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Hampir setiap detik produk Teknologi Informasi tercipta di seluruh belahan dunia. Kita patut mengapresiasi perkembangan Teknologi Informasi ini karena tentunya akan semakin membantu kehidupan manusia. Dampak positif dan negatif pemanfaatan IT sudah pasti ada dan sudah sewajarnya kita mewaspadai hal ini.
Dampak Positif dalam Bidang Ekonomi
Teknologi yang berkembang pesat, baik teknologi informasi, komunikasi, maupun transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara. Lebih lanjut dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi adalah :
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b. Terjadinya industrialisasi
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
Dampak Positif dalam Bidang Sosial dan Budaya
     1.     Meningkatnya rasa percaya diri.
Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatubangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
    2.  Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi

Dampak Negatif dalam Bidang Sosial dan Budaya
     1.      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
    2.  Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
 kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
      3.    Pola interaksi antar manusia yang berubah 
Komputer yang disambungkan dengan telpon telahmembuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Contohnya facebook dan twitter yang  telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri.
Semua kebijakan atau suatu perkembangan pasti diikuti sisi positif dan negatif termasuk dalam perkembangan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita dan hendaknya kita sendiri yang mewaspadai fenomena yang terjadi supaya bisa meminimalisir sisi yang negatif.

Sumber:

https://www.google.com/search?q=apa+itu+web+science+wikipedia&newwindow=1&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=X7dCU6P4AsuprAfFnYHgBw&ved=0CAgQ_AUoAQ&biw=1360&bih=646
http://indraparama.blogspot.com/2011/04/web-science-apa-itu.html
http://codycoding.wordpress.com/2011/03/19/sejarah-web/

http://artikelampuh.blogspot.com/2013/08/5-teknologi-tercanggih-dunia-masa-kini.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar